Kamis, 23 Okt 2025
  • SDIT Nur Fikri Batam Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Terbaik Di Kota Batam
  • SDIT Nur Fikri Batam Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Terbaik Di Kota Batam

AL HIRA PROGRAM UNGGULAN UNTUK KELAS 1 SD

Metode baca Al-Hira adalah sistem pembelajaran Al-Qur’an yang dirancang untuk bisa membaca Al-Qur’an dalam waktu relatif singkat melalui 22 langkah pembelajaran langsung. Metode ini berfokus pada pengenalan dan pengajaran langsung, di mana guru akan membimbing santri untuk menguasai setiap pelajaran sebelum melanjutkan ke materi berikutnya. Prinsipnya adalah meminimalkan cara mengeja dan menekankan pada pemahaman bunyi dan bacaan yang benar sesuai harakat dan makharij huruf. 

Prinsip Utama Metode Al-Hira

  • Pembelajaran Langsung: Siswa belajar secara langsung dengan bimbingan guru tanpa banyak teori.
  • Progresif: Ada 22 langkah pembelajaran yang harus diselesaikan secara berurutan.
  • Penekanan pada Penguasaan Materi: Guru tidak akan melanjutkan ke pelajaran berikutnya sebelum santri menguasai materi yang sudah diajarkan.
  • Pengenalan Bunyi dan Bacaan: Fokus utama adalah mengenalkan bunyi dan cara membaca yang benar dari huruf dan kalimat Arab. 

Cara Kerja Metode

  • Pelajaran Dasar: Metode ini dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah yang dilanjutkan dengan pengenalan harakat.
  • Fokus pada Bunyi: Guru akan memperdengarkan bunyi huruf yang benar, dan santri diwajibkan untuk mengulanginya hingga benar.
  • Membaca Tanpa Mengeja: Santri dilatih untuk membaca secara terus menerus tanpa perlu mengeja setiap huruf.
  • Pengulangan: Untuk pelajaran yang dirasa sulit, santri dianjurkan mengulangi pelajaran tersebut sampai benar-benar paham. 

Artikel Lainnya

Oleh : Nur Fikri Batam

UJIAN PRAKTEK LISAN

Oleh : Nur Fikri Batam

Program Literasi Pagi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

SDIT Nur Fikri Batam

NPSN 70051134
Jln. RAYA MARINA DEPAN PERUMAHAN ANGKASA MARINA
TELEPON +62813-6413-7315
EMAIL info@sdit-nurfikribatam.sch.id
WHATSAPP +6281364137315